Saat Anies Baswedan Mengenang Pemberian Keris dari Ki Manteb Sudarsono

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 08:03 WIB
Gubernur DK Jakarta, Anies Baswedan menerima hadiah kenangan berupa keris dari almarhum dalang senior Ki Manteb Sudarsono saat berkunjung ke rumahnya di Karanganyar, Jawa Tengah 25 April 2021 lalu.  (Facebook.com/@AniesBaswedan)
Gubernur DK Jakarta, Anies Baswedan menerima hadiah kenangan berupa keris dari almarhum dalang senior Ki Manteb Sudarsono saat berkunjung ke rumahnya di Karanganyar, Jawa Tengah 25 April 2021 lalu. (Facebook.com/@AniesBaswedan)

HALLO INDONESIA - Anies Baswedan mengenang pertemuannya dengan almarhum Ki Manteb Sudarsono, saat Gubernur DKI Jakarta itu menyempatkan berkunjung ke kediaman dalang kondang di Karanganyar, Jawa Tengah dalam perjalanan pulang usai penandatangan perjanjian kerjasama dengan Pemkab Ngawi pada Sabtu, 25 April 2021.

Mantan Menteri Pendidikan Nasional itu mendapat  hadiah kenang-kenangan berupa sebuah keris.

“Saya terima keris ini sebagai sebuah kehormatan dan insya Allah akan saya jaga sebaik-baiknya. Begitu juga pesan, yang tadi disampaikan agar menjaga wayang kulit untuk
tetap hidup dan berkembang,” kata Anies Baswedan saat menerima keris dari almarhum Ki Manteb Sudarsono sebagaimana dikutip dari akun Facebook @Anis Baswedan.

Baca Juga: Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19 di Akhir Tahun, BNPB Ingatkan Soal Pencegahan dan Mitigasi

Siang itu - Sabtu 25 April 2021, bersama Kondang Sutrisna, Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) dan Yoga Mandira, Ketua Paguyuban Seni Budaya Nusantara, Anies bercerita bahwa ia ngobrol sangat lama tentang kebudayaan, filsafat, sastra, pewayangan, bahkan sampai soal keris, kayu kuno dan bangunan masa lalu di rumah Ki Manteb.

Di tengah-tengah diskusi, Ki Manteb membuka sebuah kotak, mengeluarkan sebuah keris dan lalu menyerahkannya, sambil menjelaskan tentang keris itu dengan amat detail.

Keris itu dalam falsafah hidup Jawa merupakan doa yang tak terucap dan tak tertulis.

Baca Juga: Pujian Kishore buat Jokowi, Jenius dan Pemimpin yang Terpilih Secara Demokratis Paling Efektif di Dunia

Dikisahkan bahwa di zaman dahulu orang berkeinginan memiliki keris dan memesan keris kepada para empu.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: Facebook @Anies Baswedan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabarnya Diumumkan Hari Ini, Cek Hasil SKD CPNS 2021

Minggu, 17 Oktober 2021 | 17:25 WIB
X