Pemerintan Targetkan Penurunan Stunting 2,7 Persen Setiap Tahun

- Selasa, 11 Januari 2022 | 17:58 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah menargetkan prevalensi stunting di tahun 2024 sebesar 14 persen. (Dok. setkab.go.id)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah menargetkan prevalensi stunting di tahun 2024 sebesar 14 persen. (Dok. setkab.go.id)

HALLO INDONESIA - Pemerintah menargetkan prevalensi stunting di tahun 2024 sebesar 14 persen.

Dengan angka stunting di tahun 2021 sebesar 24,4 persen maka untuk mencapai target tersebut diperlukan penurunan 2,7 persen di setiap tahunnya.

Hal ini diungkapkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya usai menghadiri Ratas mengenai Strategi Percepatan Penurunan Stunting yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (11/01/2022), secara virtual.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Malam Ini: Usaha Andin untuk Mendapatkan Foto Jessica Gagal Lagi

“Targetnya jelas, yaitu menurunkan stunting-nya kita per tahun 2021 ini kan ada di angka 24,4 persen, itu beliau (Presiden Joko Widodo) harapkan bisa mencapai angka 14 persen di tahun 2024. Hitung-hitungan kami turunnya mesti 2,7 persen per tahun,” ungkap Budi.

Dikutip Hallo.id dari laman resmi Setkab, untuk mencapai target tersebut pemerintah melakukan dua intervensi holistik yaitu intervensi spesifik dan intervensi sensitif.

Budi menambahkan, intervensi spesifik adalah intervensi yang ditujukan kepada anak dalam 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) dan kepada ibu sebelum masa kehamilan (remaja putri), yang umumnya dilakukan di sektor kesehatan.

Baca Juga: Penyalahgunaan Narkotika, Artis Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Divonis 1 Tahun Penjara

Sedangkan intervensi sensitif dilakukan melalui berbagai kegiatan pembangunan di luar sektor kesehatan dan merupakan kerja sama lintas sektor.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X