BPTJ Kemenhub Gelar Rakor Sinkronisasi Pengelolaan Transportasi Jabodetabek

- Jumat, 14 Januari 2022 | 19:17 WIB
  Plt. Kepala BPTJ Kemenhub, Budi Setiadi berfoto bersama usai rakor  Sinkronisasi Pengelolaan Transportasi Jabodetabek di i Hotel Pullman Ciawi Vimala Hils, Jumat (14/1). (Dok. Bogorkab.go.id)
Plt. Kepala BPTJ Kemenhub, Budi Setiadi berfoto bersama usai rakor Sinkronisasi Pengelolaan Transportasi Jabodetabek di i Hotel Pullman Ciawi Vimala Hils, Jumat (14/1). (Dok. Bogorkab.go.id)

HALLO INDONESIA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan (BPTJ Kemenhub) menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama kepala daerah membahas
sinkronisasi pengelolaan transportasi di Jabodetabek.

Kepala daerah yang hadir dalam rakor yang berlangsung di Hotel Pullman Ciawi Vimala Hils, Jumat, 14 Januari 2022 yakni Bupati Bogor, Ade Yasin, Wali Kota Bogor Bima Arya,
dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan.

Plt. Kepala BPTJ Kemenhub, Budi Setiadi mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutanj Jalan (LLAJ) , dalam menyelenggarakan keselamatan keamanan transportasi tidak hanya dilakukan oleh satu institusi, tetapi harus dilakukan oleh semua institusi.

Baca Juga: Jasa Marga Tbk Catat Sebanyak 335.057 Kendaraan Kembali ke Jabodetabek

"Semua institusi harus terlibat dengan mengedepankan kolaborasi dan sinergi, karena saat ini kita melihat bagaimana pergerakan transpotasi terutama di wilayah aglomerasi Jabodetabek saat ini sudah sedemikian berat," kata Budi dikutip Hallo.id dari laman  Pemkab Bogor.

Menurutnya, kalau tidak ada koordinasi antar wilayah, beban Jakarta akan menjadi berat, untuk itu perlu komunikasi, koordinasi dan kajian secara kolaborasi.

Menurutnya, sebagai implementasi amanat UU No.22, pemerintah harus hadir dalam memberikan angkutan umum yang aman, nyaman dan murah bagi masyarakat. Dengan menyiapkan Buy The Service (BTS), LRT dan angkutan ramah lingkungan.

Baca Juga: Kinerja Kapal Tol Laut, Menhub Instruksikan Percepat Waktu Sandar dan Optimalisasi Layanan Digital

Untuk menunjang sinkronisasi pengelolaan transportasi, Kemenhub sedang memperbaiki sejumlah terminal tipe A salah satunya membangun terminal di Bukit Tinggi dan Sukabumi.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X