Wapres Pimpina Ratas Evaluasi PPKM, Minta Percepat Penanganan Omicron

- Senin, 24 Januari 2022 | 20:07 WIB
Wapres, Ma'ruf Amin memimpin Ratas Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). (Dok. Kominfo.go.id)
Wapres, Ma'ruf Amin memimpin Ratas Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). (Dok. Kominfo.go.id)

HALLO INDONESIA - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf amin memimpin Rapat Terbatas (Ratas) Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Senin (24/01/2022).

Dalam ratas tersebut, secara khusus Wapres menyoroti penyebaran varian Covid-19, Omicron yang dalam beberapa hari terakhir meningkat pesat, bahkan telah menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, untuk mencegah penularan yang lebih masif dan korban yang lebih banyak, Wapres meminta kesiapan seluruh jajaran terkait dalam mengatasi hal ini.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Global Berlanjut Meski Ada Kenaikan Kasus Varian Omicron

“Ini walaupun sekali lagi tingkat keparahan varian Omicron ini lebih ringan dibanding dengan Delta,  kalau bertambah terus, potensi penularan  terutama yang komorbid, maka ini juga akan memberikan tekanan kepada fasilitas tenaga kesehatan yang ada," ucap Wapres.

"Karena itu, seperti apa kesiapan kita dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan itu,” kata Ma'ruf Amin dikutip Hallo.id dari laman resmi Kementerian kominfo.

Dikatakan kesiapan tersebut diantaranya dapat dilakukan dengan memperkuat tracing pada masyarakat. Terlebih, dengan adanya peningkatan penyebaran melalui transmisi lokal.

Baca Juga: Satu Pengeroyok Berhasil Ditangkap, Kasus Pengeroyokan Lansia yang Dituding Maling

“Terkait dengan peningkatan jumlah tes, tracing, mengingat mereka yang terpapar varian omicron ini kebanyakan OTG (Orang Tanpa Gejala) dan juga orang yang komorbid, sakit ringan, ini berpotensi besar untuk memicu penularan berkelanjutan di masyarakat,” ujar Wapres.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X