Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Nyatakan PMK Pada Sapi Tak Menular ke Manusia

- Minggu, 15 Mei 2022 | 13:59 WIB
Pemerintah sudah turun tangan untuk menangani wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). (Instagram.com/@kementerianpertanian)
Pemerintah sudah turun tangan untuk menangani wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). (Instagram.com/@kementerianpertanian)

HALLO INDONESIA - Pemerintah sudah turun tangan untuk menangani wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan sapi di Indonesia.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, menjelaskan penyakit kuku dan mulut ini hanya menjangkit hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, kambing, domba hingga babi. Namun tidak akan menjangkit manusia.

Begitu juga dengan konsumsi daging dari hewan yang terjangkit penyakit ini juga masih diperbolehkan, asal kan tidak memakan bagian tubuh atau organ yang terkena penyakit PMK ini.

Baca Juga: Saat Wisata Kemah di Puncak, 1 Korban Tewas Tersambar Petir dan 3 Terluka

"Dari apa yang disampaikan Kementerian Kesehatan PMK ini tidak menular pada manusia ini yang penting," kata Syahrul dikutip, Minggu 15 Mei 2022.

Menurut dia daging dari sapi yang terpapar penyakit ini masih bisa dikonsumsi dengan mengikuti syarat dan petunjuk teknis yang bisa dilakukan.

"Dikonsumsi masyarakat itu masih aman yang tidak boleh pada tempat langsung yang terkena misalnya organ kaki itu harus di amputasi."

Baca Juga: Transjakarta Sepakat Kerja Sama dengan Produsen Bus Listrik Inggris, Switch Mobility Limited

"Jeroan nggak boleh seperti bagian mulut, bibir, hingga lidah, itu yang tidak direkomendasikan, yang masih bisa daging pun masih bisa," kata Syahrul.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:49 WIB
X