Polisi Pantau Lewat HP Bisa Tilang Pelanggar, Tidak Hanya Pakai Kamera ETLE

- Senin, 23 Mei 2022 | 15:05 WIB
ETLE di jalan tol. (Pexels.com/PhotoMIX Company)
ETLE di jalan tol. (Pexels.com/PhotoMIX Company)

HALLO INDONESIA - Selain kamera statis, Korlantas Polri tengah menggencarkan program tilang elektronik atau ETLE berbasis kamera handphone, yaitu ETLE Mobile.

Dengan adanya ETLE Mobile ini, pelanggar lalu lintas di area yang tak terdapat kamera ETLE statis juga dapat ditilang.

Kompol Muhammad Adiel Aristo selaku Kasigar Subdit Gakum Ditlantas Polda Jawa Tengah mengatakan Polda Jawa Tengah saat ini sudah menggunakan mekanisme tilang ETLE mobile ini.

Baca Juga: KPK Minta Masyarakat Beri Info Terkait dengan Keberadaan buronan Harun Masiku

Di mana, polisi yang berpatroli akan memotret pelanggar lalu lintas menggunakan 'handphone' yang terhubung dengan aplikasi Mobile Sigap dan Go-Sigap jelasnya.

"Mekanismenya seperti ini, ketika personel petugas Polantas sedang berpatroli berboncengan dengan sepeda motor."

"Petugas yang di belakang melakukan hunting pelanggaran lalu lintas dengan menggunakan alat khusus mobile go-sigap ini," jelas Kasigar Subdit Gakum Ditlantas Polda Jateng.

Baca Juga: Ini Penjelasan Polisi Terkait Irjen Pol Napoleon Bonaparte Belum Dipecat Institusi Polri

"Kemudian petugas di lapangan, ketika memfoto pelanggaran, secara otomatis foto atau gambar tersebut langsung terkirim ke back office atau admin yang berada di kantor Ditlantas Polda Jawa Tengah," lanjut Kasigar Subdit Gakum Ditlantas Polda Jateng.

"Jenis-jenis pelanggaran lalu lintas yang dapat difoto menggunakan ETLE Mobile, melalui aplikasi Go-Sigap ini, ialah antara lain pelanggaran yang kasat mata."

"Seperti tidak menggunakan helm, kemudian tidak menggunakan spion, nomor polisi atau TNKB tidak sesuai dengan spektek atau tidak sesuai aturan, dan masih banyak pelanggaran-pelanggaran kasat mata lainnya," jelas Kasigar Subdit Gakum Ditlantas Polda Jateng.

Baca Juga: Mulai Eksis, Susyen Regina Mantan Indra Kenz Rajin Perawatan

Dengan adanya mekanisme tilang elektronik berbasis mobile ini, praktis polisi dan pelanggar tak perlu bertemu langsung untuk menyelesaikan tilangnya.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X