Bea Cukai dan Singapore Police Coast Guard Teken SOP Patroli Perbatasan Terkoordinasi

- Selasa, 21 Juni 2022 | 09:54 WIB
Bea Cukai dan Singapore Coast Guard (SPGC) menjalin kerja sama dalam melaksanakan patroli trekoordinasi di area perbatasan. (Dok. Kemenkeu.go.id)
Bea Cukai dan Singapore Coast Guard (SPGC) menjalin kerja sama dalam melaksanakan patroli trekoordinasi di area perbatasan. (Dok. Kemenkeu.go.id)

HALLO INDONESIA - Dalam melaksanakan patroli terkoordinasi di area perbatasan, Bea Cukai bekerja sama dengan Singapore Police Coast Guard (SPCG) untuk mencegah atau mengurangi kegiatan ilegal;

Seperti penyelundupan, kejahatan terorganisasi lintas negara yang berkaitan dengan hal-hal bidang kepabeanan, dan perdagangan barang ilegal lainnya.

Agar patroli perbatasan yang terkoordinasi tersebut dapat terselenggara, penetapan beberapa prosedur yang harus dipatuhi oleh Bea Cukai dan Singapore Police Coast Guard  harus diperlukan.

Baca Juga: Gandeng Pihak Bea Cukai, Polri Sita Narkoba Jenis Ganja 121 Kg dan 121 Kg 238 Kg Sabu

Bertempat di SPCG Headquarters, Singapura, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani dan Commander SPCG, SAC Cheang Keng Keong telah melaksanakan pertemuan penandatanganan The Joint Standard Operating Procedure (SOP) on Coordinated Border Patrols pada Kamis (09/06).

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana menjelaskan  kerja sama ini telah terjalin sejak ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) pada tanggal 3 Februari 2020 lalu.

Dalam penandatanganan SOP ini, kedua pihak sudah dapat mengimplementasikan salah satu bentuk kerja sama yang disepakati dalam MoU, yaitu patroli terkoordinasi.

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Antisipasi Krisis Pangan dan Energi

Selanjutnya,  Bea Cukai akan berkoordinasi dengan SPCG dan Atase Keuangan pada KBRI Singapura terkait rencana dan mekanisme pelaksanaan patroli terkoordinasi dan rendezvous at sea (pertemuan di laut) di tahun 2022.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: Kemenkeu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X