Capai Rp639 Milyar, Denda Tilang Electronic Traffic Law Enforcement Sepanjang Tahun 2021

- Selasa, 21 Juni 2022 | 13:29 WIB
Denda tilang elektronik meningkat dari tahun sebelumnya, mencapai angka 639 milyar lebih banyak dibanding dengan tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 53,67 milyar.  (Pexels.com/PhotoMIX Company)
Denda tilang elektronik meningkat dari tahun sebelumnya, mencapai angka 639 milyar lebih banyak dibanding dengan tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 53,67 milyar.  (Pexels.com/PhotoMIX Company)

HALLO INDONESIA - Denda tilang elektronik meningkat dari tahun sebelumnya, warga diminta tetap patuhi aturan lalu lintas.

Denda yang didapatkan negara atas pelanggar lalu lintas yang dicatatkan melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sepanjang tahun lalu mencapai angka 639 milyar, Senin 20 Juni 2022.

Jumlah itu jauh lebih banyak dibanding dengan tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 53,67 milyar, saat ETLE baru diperkenalkan dan hanya mencakup beberapa provinsi saja di Indonesia.

Baca Juga: Berikut 13 Titik Lokasi Ganjil Genap Baru, Mulai Berlakukan Tilang pada 13 Juni 2022

Baca Juga: Taksi Online Tetap Kena Tilang di 26 Kawasan Ganjil Genap yang Diberlakukan Polda Metro Jaya

Saat ini, ETLE baik statis maupun mobile sudah diperlakukan di 12 wilayah Polda seluruh Indonesia dan jumlahnya terus akan ditingkatkan.

Tentu banyaknya denda, bukanlah sebuah prestasi, karena justru menunjukkan masih banyaknya pelanggaran lalu lintas yang terjadi di Indonesia.

Namun dengan semakin meluasnya penggunaan ETLE dan adanya kesadaran baru dalam kepatuhan berlalu lintas setelah penggunaan ETLE, diharapkan pelanggaran lalu lintas akan semakin menurun di masa mendatang.

Pakar komunikasi, Rahmat Edi Irawan, yakin penggunaaan ETLE yang lebih banyak, akan memaksa masyarakat patuh terhadap aturan berlalu lintas.

"Jika kepatuhan tersebut sudah menjadi budaya, kita berharap pelanggaran lalu lintas akan semakin berkurang. Pada akhirnya korban akibat kecelakaan lalu lintas, juga akan berkurang secara signifikan," tutupnya.***

Baca Juga: Beli Pelat Nomor Putih Kendaraan di Online Bisa Kena Tilang, Tidak Sesuai Spesifikasi

Baca Juga: Polda Metro Jaya Jelaskan Mekanisme Tilang Elektronik di Jalan Tol

Editor: Timothy Alden

Sumber: Polri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X