Airlangga Hartarro: Kepala BNPB Pimpin Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku

- Jumat, 24 Juni 2022 | 14:50 WIB
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto  (Dok. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (Dok. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)

HALLO INDONESIA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyebut pemerintah akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Satgas yang akan diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) ini dibentuk untuk menanggulangi PMK yang saat ini menyerang hewan ternak di Indonesia.

"Bapak Presiden sudah menyetujui struktur Satgas Penanganan PMK yang nanti akan dipimpin oleh Kepala BNPB,” ungkap Airlangga dalam keterangannya, Kamis 23 Juni 2022.

Baca Juga: Kemenkeu Terbitkan 2 PMK Produk Sawit, Termasuk Penetapan Barang yang Dikenakan Bea Keluar

Baca Juga: Pemerintah Percepat Vaksinasi Bagi Hewan Ternak untuk Tekan Penularan PMK

Dalam pelaksanaan tugasnya, Ketua Satgas akan dibantu oleh wakilnya, yaitu Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen Peternakan dan Keswan) Kementerian Pertanian, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Dirjen Bina Bangda) Kementerian Dalam Negeri, Deputi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, serta Asisten Operasi (Asops) Kapolri dan Asops Panglima TNI.

“Wakilnya antara lain dari Dirjen Peternakan, kemudian Dirjen Bina Bangda Kemendagri, dari Deputi Kemenko, Asops Kapolri dan Panglima TNI. Struktur ini mirror dengan penanganan Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BNPB Suharyanto yang ditunjuk sebagai Ketua Satgas Penanganan PMK menegaskan komitmennya untuk menangani wabah ini secepatnya.

Baca Juga: Kementan Didorong untuk Gencarkan Sosialisasi Penanganan PMK ke Pihak Pemda

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Jumat, 1 Juli 2022 | 12:49 WIB
X