Presiden Kunjungan Kenegaraan ke Beberapa Negara, Wapres Pimpin Pemerintahan

- Minggu, 26 Juni 2022 | 21:30 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers sebelum bertolak untuk melakukan kerja ke sejumlah negara Eropa dan uni Emirat Arab. (Dok. BPMI Setpress/Lukas)
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers sebelum bertolak untuk melakukan kerja ke sejumlah negara Eropa dan uni Emirat Arab. (Dok. BPMI Setpress/Lukas)

HALLO INDONESIA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, akan memimpin sementara pemerintahan selama Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan sejumlah kunjungan kenegaraan ke sejumlah negara.

Sejumlah negara yang dikunjungi Kepala Negara adalah Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab.

"Selama saya di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden," kata Presiden dalam konferensi pers jelang melakukan sejumlah kunjungan kenegaraan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu, 26 Juni 2022.

Baca Juga: Berikan Rasa Aman Terkait Kasus PMK, Kemenag Terbitkan Surat Edaran Pelaksanaan Kurban

Presiden akan terlebih dahulu mengunjungi Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 sebelum kemudian memulai misi perdamaian ke Ukraina dan Rusia.

"Setelah dari Jerman, saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelenskyy."

"Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelenskyy, untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian, karena memang perang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujarnya.

Baca Juga: Politisi PKS: Pemerintah Harus Tegas Tolak Klaim Mahathir Kepulauan Riau Milik Malaysia

Selepas kunjungan ke Ukraina, Presiden Jokowi akan menuju Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga mengusung misi perdamaian yang sama dan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan menghentikan perang.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X