Komnas HAM Akan Uji Balistik dan Tes DNA Brigadir J, Kasus Polisi Tembak Polisi

- Jumat, 29 Juli 2022 | 18:23 WIB
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam. (Dok Komnas HAM)
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam. (Dok Komnas HAM)

HALLO INDONESIA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan melakukan pengecekan hasil uji balistik dan DNA Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Pengecekan tersebut rencananya dilakukan pada pekan depan.

"Terkait pemeriksaan balistik maupun DNA maupun yang lain-lain, memang minggu depan kami akan jalani itu," ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam di kantornya kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 29 Juli 2022.

"Terkait balistik misalkan, apakah puslabfor udah selesai dan sebagainya. (Begitupun soal) DNA, apakah selesai dan sebagainya itu yang akan kami tanyakan," sambungnya.

Baca Juga: Tenggak Racun di Rumah Orang Tua, Otak Penembakan Istrinya Kopda Muslimin Tewas

Baca Juga: Kopda Muslimin, Otak Peristiwa Penembakan Terhadap Istrinya Sendiri Ditemukan Tewas

Terkait hasil pemeriksaan digital forensik, Anam menjelaskan pihak tim siber Polri masih membutuhkan waktu. Tak sampai di situ, lanjut Anam, masih banyak pemeriksaan yang akan dilakukan Komnas HAM terkait kasus ini.

"Namun demikian, karena kemarin itu ada suatu proses yang akan dilanjut di pertemuan kedua, yang siber sama digital forensik ini juga akan mempengaruhi nambahnya waktu," tuturnya.

Sebelumnya, pihak Komnas HAM menggunakan hasil cell dump dari Siber Bareskrim dan Digital Forensik Puslabfot Polri untuk mengecek siapa saja yang berada saat baku tembak di rumah Kadiv Propam Nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo.

"Salah satu tindakannya yaitu cell dump, menarik jaringan komunikasi tersebut. Kami juga dikasih bahannya termasuk disediakan print-nya," ucap Anam.***

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Sumber: Polri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X