Jokowi Beberkan Lima Agenda Besar Indonesia, Termasuk Hilirisasi dan Industrialisasi

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:14 WIB
Presiden  RI Joko Widodo.  (Dok. setkab.go.id)
Presiden RI Joko Widodo. (Dok. setkab.go.id)

HALLO INDONESIA - Presiden  RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen pemerintah untuk melanjutkan agenda-agenda besar untuk mewujudkan cita-cita Indonesia maju dan membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Hal tersebut diungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022 pagi.

“Saya tegaskan kembali, agenda besar bangsa tidak boleh berhenti. Langkah-langkah besar harus terus dilakukan,” ujar Presiden.

Baca Juga: KPK Perpanjang Masa Penahanan Tersangka Mardani Maming, Kasus Suap Izin Usaha Pertambangan

Lebih lanjut, Presiden menekankan lima agenda besar yang akan dilaksanakan Indonesia.

Pertama, hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam. Presiden Jokowi mencontohkan, hilirisasi nikel yang dilakukan telah meningkatkan ekspor besi baja sebesar 18 kali lipat.

Ekspor besi baja meningkat dari sekitar Rp16 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp306 triliun di tahun 2021.

Baca Juga: Polisi Amankan Seorang Laki-laki Diduga Pelaku Pencurian di Perumahan Forest Hill Parung

“Di akhir tahun 2022 ini, kita harapkan sudah bisa mencapai Rp440 triliun. Itu hanya dari nikel, sekali lagi itu hanya dari nikel. Selain penerimaan pajak, devisa negara juga naik, sehingga kurs rupiah lebih stabil,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X