Naskah Asli Teks Proklamasi Akan Disandingkan dengan Bendera Pusaka di Istana Merdeka

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 20:14 WIB
Sekretariat Presiden (Setpres) melakukan serah terima naskah asli teks proklamasi pada Selasa, 16 Agustus 2022, di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). (Dok. Presidenri.go.id)
Sekretariat Presiden (Setpres) melakukan serah terima naskah asli teks proklamasi pada Selasa, 16 Agustus 2022, di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). (Dok. Presidenri.go.id)

HALLO INDONESIA - Sekretariat Presiden (Setpres) melakukan serah terima naskah asli teks proklamasi pada Selasa, 16 Agustus 2022, di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Naskah asli teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir. Soekarno tersebut akan kembali hadir dan disandingkan dengan bendera pusaka dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2022 esok.

“Ini adalah tahun ketiga Setpres bekerja sama dengan ANRI dengan tujuan untuk menghadirkan dan menyandingkan naskah proklamasi tersebut dengan bendera pusaka di Istana Merdeka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022,” ujar Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko dalam sambutannya.

Baca Juga: Menjelang Hari Kemerdekaan RI Ke-77, Big Indie NAGASWARA Persembahkan Swara Melayu Bersinar Lagi!

Sony menjelaskan tim dari ANRI telah melakukan penilaian terhadap kondisi ruang penyimpanan naskah di Istana Merdeka, mulai dari suhu ruangan hingga tingkat kelembapan.

Hal itu penting dilakukan mengingat naskah asli teks proklamasi tersebut merupakan bukti sejarah perjuangan bangsa yang memiliki nilai yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia.

“Alhamdulillah ruangan di Istana Merdeka telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara naskah proklamasi tersebut,” ucap Sony.

Baca Juga: Pengacara Keluarga Brigadir J Minta Polisi Jadikan Istri Ferdy Sambo Tersangka, Ini Alasannya

Selain itu, Setpres juga telah mengikuti proses penilaian risiko yang dilakukan oleh ANRI secara berkala setiap tahunnya sebagai upaya dari ANRI untuk menjaga memori kolektif bangsa.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: presidenri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X