Dokumen Pemecatan Tidak Dengan Hormat Ferdy Sambo akan Diserahkan ke Sekretariat Negara

- Kamis, 22 September 2022 | 08:54 WIB
Ilustrasi mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. (Dok. Media.id/M. Rifa'i Azhari)
Ilustrasi mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. (Dok. Media.id/M. Rifa'i Azhari)

HALLO INDONESIA - Pihak Mabes Polri terus merampungkan proses administrasi Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menuturkan keputusan pemecatan tersangka pembunuhan Brigadir Nofrianysah Yosua Hutabarat alias Brigadir J tersebut masih diproses oleh divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Polri.

Berdasarkan aturan yang ada, SDM Polri mempunyai waktu tiga hingga lima hari kerja untuk merampungkan seluruh administrasi pemecatan usai Komisi Kode Etik Polri menjatuhkan vonis PTDH.

Baca Juga: Sebelum Syuting Film Blonde, Artis Hollywood Ana de Armas Sempat Nyekar ke Makam Marilyn Monroe

"Ya untuk administrasinya masih diproses. Administrasinya untuk pemecatan," ujar Dedi, kpeada wartawan, Kamis 22 September 22022.

Usai pemberkasan rampung, nantinya dokumen PTDH itu akan diserahkan kepada Sekretariat Negara (Setneg) guna penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian Sambo.

Adapun mekanisme itu memang sudah diatur melalui Keppres Nomor 70 Tahun 2002 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca Juga: Penerbit Shonen Jump Kabarkan Manga Hunter x Hunter Bakal Terbit 4 November 2022

Dalam Pasal 29 poin satu Keppres tersebut dijelaskan apabila pengangkatan dan pemberhentian pejabat pada jabatan dan kepangkatan Perwira Tinggi Bintang Dua ke atas atau yang termasuk dalam lingkup jabatan eselon IA dan IB ditetapkan dengan Keputusan Kapolri setelah dikonsultasikan dengan Presiden.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X