Komisi Yudisial Siap Serahkan Data kepada KPK Soal Indikasi Korupsi di Mahkamah Agung

- Selasa, 27 September 2022 | 11:34 WIB
Gedung Komisi Yudisial. (Dok. Pn-pasangkayu.go.id)
Gedung Komisi Yudisial. (Dok. Pn-pasangkayu.go.id)

HALLO INDONESIA - Komisi Yudisial (KY) menegaskan siap menyerahkan data kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika ditemukan adanya indikasi korupsi lainnya di Mahkamah Agung (MA).

Pihak KY akan menyerahkan data itu setelah merampungkan sidang dugaan pelanggaran etik terhadap Hakim Agung Sudrajad Dimyati dan hakim yustisial yang juga panitera pengganti MA Elly Tri Pangestu.

"Berdasarkan MOU yang telah dibangun oleh KY dan KPK, bahwa kita akan melakukan pertukaran data,” ujar Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata, di Gedung KPK, Senin 26 September 2022.

Baca Juga: Masih Diperiksa Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Berkas Perkara Tersangka Roy Suryo

“Termasuk dari KPK ke KY maupun KY kepada KPK.  Misalnya di dalam pemeriksaan etik kami menemukan ada indikasi tindak pidana dugaan korupsi, maka akan serahkan pada KPK,” sambungnya.

“Dan begitu juga sebaliknya, pemeriksaan tindak pidana korupsi tapi ada unsur etik maka akan menyerahkan pada KY," tuturnya.

Masih dari keterangan Mukti, KPK memberikan kesempatan kepada KY untuk memeriksa dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Hakim Agung Dimyati dan pegawai MA lainnya.

Baca Juga: Kasus Hukuman Fisik kepada Warga, Wakil Ketua DPRD Depok dan Sopir Truk Akhirnya Damai

Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan pihaknya akan memeriksa hakim-hakim agung lainnya di MA.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X