Kementerian Kesehatan Mulai Buka Program Vaksinasi Covid-19 untuk Warga Asing

- Selasa, 27 September 2022 | 16:01 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid 19. (Dok. Hallo.id/M. Rifai Azhari)
Ilustrasi Vaksin Covid 19. (Dok. Hallo.id/M. Rifai Azhari)

HALLO INDONESIA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan memutuskan membuka program vaksinasi Covid-19 bagi Warga Negara Asing (WNA), yang sedang berada ataupun menetap di Tanah Air, mulai hari ini Selasa 27 September 20922.

Aturan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/1368/2022 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi Warga Negara Asing.

Kebijakan ini ditempuh sebagai upaya perlindungan masyarakat dari penularan, serta menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

Baca Juga: Polda Jateng Ungkap 332 Kasus Curanmor, Silahkan Cek dan Ambil Gratis di Polres

Keberhasilan program vaksinasi juga menjadi kunci bagi pemulihan ekonomi dan pariwisata.

Semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi, berbanding lurus dengan pemulihan kondisi ekonomi di daerah tersebut. 

Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril menyatakan pihaknya ingin memastikan WNA yang tinggal atau menetap sementara dan permanen mendapatkan kemudahan akses vaksinasi, sekaligus untuk mencegah kemungkinan penularan. 

Baca Juga: Lembaga Penjamin Simpanan Naikkan Bunga Penjaminan Simpanan Rupiah Jadi 3,75 Persen

Ia menjelaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi WNA dapat diperoleh bagi mereka yang mempunyai izin tinggal atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)/ Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X