Produksi Laptop Merah Putih Libatkan Konsorsium Perguruan Tinggi UI, ITB, ITS, dan UGM

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 07:38 WIB
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim akan libatkan siswa SMK untuk perakitan laptop PDN. /Instagram.com/@nadiemmakarim (Instagram.com/@nadiemmakarim)
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim akan libatkan siswa SMK untuk perakitan laptop PDN. /Instagram.com/@nadiemmakarim (Instagram.com/@nadiemmakarim)

HALLO INDONESIA - Pemerintah menyatakan bahwa produksi Laptop Merah Putih akan melibatkan konsorsium perguruan tinggi yaitu UI, ITB, ITS, dan UGM.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong produksi laptop Merah Putih melalui konsorsium perguruan tinggi yaitu UI, ITB, ITS, dan UGM.

Konsorsium perguruan tinggi UI, ITB, ITS, dan UGM itu telah menyiapkan peta jalan, desain produk, dan akan terlibat penuh dalam produksi laptop bersama dengan industri mulai tahun 2022.

Demikian disampaikan oleh Kepala Biro Perencanaan Kemendikbudristek, M. Samsuri, di Jakarta, sebagaimana dikutip Hallo.id dari laman resmi Kemendikbudristek, Sabtu, 31 Juli 2021.

"Konsorsium tersebut telah menyiapkan peta jalan, desain produk, dan akan terlibat penuh dalam produksi laptop bersama dengan industri mulai tahun 2022," kata Samsuri.

Selain itu, Samsuri juga menerangkan bahwa pelajar SMK dan mahasiswa perguruan tinggi vokasi akan dilibatkan pada kegiatan perakitan hingga pascapenjualan.

Seperti diketahui, 2001 ini saja Kemendikbudristek menyiapkan dana sebesar Rp3,7 triliun untuk pembelian laptop dan pendukungnya.

Dana program pembelian laptop dan pendukungnya untuk tahun 2021 ini dialokasikan melalui dua anggaran.

Pertama dari anggaran Kemendikbudristek (APBN Pusat) senilai Rp1,3 triliun, dan kedua senilai Rp2,4 triliun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2021.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Sumber: Kemendikbudristek

Tags

Terkini

X