Satu Warga Luka Berat dan 7 Warga Mengungsi Akibat Tanah Longsor Merkamulya Cianjur

- Senin, 20 September 2021 | 18:45 WIB
Kondisi rumah warga yang tertimpa longsor yang terjadi di Kabupaten Cinajur pada Minggu, 19 September. (Dok. BPBD Kab Cianjur)
Kondisi rumah warga yang tertimpa longsor yang terjadi di Kabupaten Cinajur pada Minggu, 19 September. (Dok. BPBD Kab Cianjur)

HALLO INDONESIA - Tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, mengakibatkan satu warga Desa Merkamulya menderita luka berat.

Tim gabungan yang terdiri dari 29 personel berhasil mengevakuasi warga luka tersebut. Proses evakuasi warga juga dibantu oleh masyarakat setempat.

Warga yang mengalami luka berat ini kemudian mendapatkan penanganan medis dan rujukan di Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Cianjur.

Baca Juga: Polda Banten Blokir Sebanyak 6.925 STNK Ranmor yang Terkena Tilang Elektronik, 198 Plat Merah

Selain korban luka-luka, tanah longsor juga berdampak pada 2 KK atau 7 warga yang harus mengungsi sementara ke rumah kerabat terdekat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mencatat dua desa terdampak di dua kecamatan, yaitu Desa Merkamulya di Kecamatan Cikalongkulon dan Desa Sukabungah di Campakmulya.

"Para warga yang terdampak sementara mengungsi ke rumah keluarganya masing-masing," ujar Asep Sudrajat, Kabid Kedaruratan BPBD Kab Cianjur Melalui Pesan Singkat, Senin, 20 September 2021.

Baca Juga: Dibuka Lowongan Kerja di 34 Provinsi untuk Menjadi Content Creator Hallo Media

Peristiwa yang dipicu hujan lebat pada Minggu, 19 September 2021, pukul 18.45 WIB, berdampak pada 2 unit rumah dan 1 unit sekolah Madrasah Aliyah Nurul Aklam. BPBD setempat melaporkan bangunan tersebut tertimpa material longsoran.

Pascakejadian, BPBD Kabupaten Cianjur berkoordinasi dengan Koramil, Polsek, pihak pemerintah kecamatan, desa, relawan dan masyarakat.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: BNPB Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X