Dinas Dikbud NTT Luncurkan Aplikasi Si Ile Ape, Sistem Informasi Pengelolaan BOS

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:57 WIB
Penanggungjawab Pelayanan dan Kehumasan PT Jasa Raharja NTT, Laurensius Ade Suyanto. (Dok. Hallokupang.com/Hermen Jawa)
Penanggungjawab Pelayanan dan Kehumasan PT Jasa Raharja NTT, Laurensius Ade Suyanto. (Dok. Hallokupang.com/Hermen Jawa)

HALLO INDONESIA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Timur (NTT) meluncurkan (launching) Sistem Informasi Pengelolaan BOS (Si Ile Ape) di Aula SMK Negeri 1 Kupang.

Aplikasi itu dibuat guna memantau pengelolaan sekaligus mencegah penyimpangan dana bantuan operasional sekolah (BOS) pada jenjang pendidikan SMA/SMK di NTT.

Aplikasi Si Ile Ape juga merupakan salah satu jawaban untuk membantu pihak sekolah dalam pelaporan pemanfaatan dana BOS yang terintegrasi.

Baca Juga: Pulau Kreta Yunani Kembali Diguncang Gempa Kedua Berkekuatan 6,3 SR dalam Dua Minggu

Aplikasi tersebut segera dilakukan uji coba pada sekolah-sekolah tingkat SMA sederajat di wilayah Kota Kupang. Setelah itu akan disebarkan ke seluruh sekolah di wilayah NTT

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi, mejjelaskan, aplikasi yang dirancang untuk memantau penyaluran, pengelolaan dan pemanfaatan dana BOS di semua sekolah.

Hal ini, lanjutnya, untuk memudahkan operator sekolah mengelola dana BOS sesuai petunjuk yang diarahkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga: Saifi Riska Nurhidayah Persembahkan Emas Tunggal Putri Bulu tangkis untuk Jawa Barat

“Dengan adanya aplikasi ini pihak dinas dapat memantau pemanfaatan dana BOS yang dikelola operator dan kepala sekolah,” kata Linus Lusi.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Sumber: Hallokupang.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X