Sungai Kerokan yang Meluap dan Merendam Pemukiman Warga Kota Banjarmasin Kini Telah Surut

- Selasa, 9 November 2021 | 21:53 WIB
Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang memicu Sungai Kerokan meluap dan merendam pemukiman warga. (Dok. BPBD Kota Samarinda)
Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang memicu Sungai Kerokan meluap dan merendam pemukiman warga. (Dok. BPBD Kota Samarinda)

HALLO INDONESIA - BPBD Kota Banjarmasin melakukan kaji cepat dan koordinasi dengan pihak terkait dalam upaya penanganan pascabanjir.

Salah satunya dengan kegiatan normalisasi sungai dan kanal yang berpotensi menyebabkan banjir.

Diketahui banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang memicu Sungai Kerokan meluap dan merendam pemukiman warga.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan, Petir dan Angin Kencang hingga 11 November 2021

"Kami melakukan pengerukan dan pembongkaran material yang menutup atau mengganggu akses aliran sungai serta kanal kecil," tutur Hanafi.

Banjir yang melanda Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin, 8 November 2021 pukul 20.00 WITA lalu telah surut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin melaporkan tidak ada kerusakan akibat banjir yang merendam Kelurahan Belitung Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat dengan tinggi muka air 20 sampai 30 sentimenter tersebut.

Baca Juga: Sungai Cibeet Meluap, Sebanyak 182 Unit Rumah Terendam Banjir di Karawang

"Saat ini banjir sudah surut dan tidak ada kerusakan karena genangan banjir tidak berarus dan hanya merendam wilayah beberapa jam saja," ujar Hanafi, Staf Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kota Banjarmasin melalui pesan singkat, Selasa, 9 November.

Untuk mengantisipasi potensi banjir BPBD Kota Banjarmasin juga telah mempersiapakan kebutuhan logistik untuk mendukung upaya penanganan tanggap darurat.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: BNPB Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X