Cuaca Ekstrem Sebabkan Banjir yang Berdampak pada 404 KK Warga Lombok Barat

- Senin, 6 Desember 2021 | 17:35 WIB
Wilayah NTB perlu diwaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang. (Dok. BNPB)
Wilayah NTB perlu diwaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang. (Dok. BNPB)

HALLO INDONESIA – Sebanyak 404 KK terdampak banjir di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin pagi, 6 Desember, pukul 07.00 waktu setempat.

Tidak ada laporan warga yang menjadi korban atau pun mengungsi akibat genangan tersebut.

Cuaca ekstrem memicu hujan lebat yang mengguyur wilayah Lombok Barat sehingga menyebabkan banjir di Desa Ranjok, Kecamatan Gunung Sari.

Baca Juga: Banjir Lombok Timur Menerjang 3 Kecamatan, 94 KK Warga Terdampak banjir

Saat ini air masih menggenangi desa tersebut dengan tinggi muka air berkisar 50 – 100 cm.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Barat melaporkan banjir tidak mengalami gangguan, seperti di sektor ekonomi, pendidikan dan komunikasi.

Menyikapi kondisi ini, tim reaksi cepat (TRC) telah melakukan pendataan, koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa, serta patroli untuk memantau kondisi warga yang terkena dampak banjir.

Baca Juga: TNI Polri agar Pastikan Tidak Ada Warga yang Berada di Kawasan Bahaya Gunung Semeru

Melihat kondisi cuaca di wilayah NTB, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi bahaya hidrometeorologi.

Berdasarkan peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Senin, 6 Desember sampai dengan Selasa, 7 Desember, wilayah NTB perlu diwaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X