Hasbi Jayabaya Usul Pemkab Pandeglang Segera Relokasi Permukiman Penduduk

- Senin, 24 Januari 2022 | 13:14 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi. (Dok Media Hallo/M. Rifai Azhari)
Ilustrasi Gempa Bumi. (Dok Media Hallo/M. Rifai Azhari)

HALLO INDONESIA - Anggota Komisi VIII DPR RI Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten, agar segera merelokasi permukiman penduduk di Pandeglang, khususnya di Kecamatan Sumur.

Pasalnya, ada ancaman gempa bumi dari Selat Sunda yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan lebih dahsyat dari gempa yang terjadi di Banten pada 14 Januari lalu.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa megathrust berkekuatan hingga M 8,7 berpotensi terjadi di wilayah Selat Sunda. 

Baca Juga: Pemilu pada 21 Februari 2024 Rawan Terhadap Politik yang Berkaitan dengan SARA

Hasbi mengungkapkan hal tersebut usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita beserta jajaran.

Perwakilan Kementerian Sosial dan jajaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat, 21 Januari 2022.

"Bahwa sudah seharusnya ada relokasi (permukiman), khususnya di Kecamatan Sumur, seperti yang kita tahu pada tahun 2018 pernah terjadi tsunami, kemudian awal (tahun) 2022 ini mengalami gempa bumi di lokasi yang sama, hampir di titik yang sama."

Baca Juga: Pengunduran Jadwal Pemilihan Umum Bukan Aspirasi di Tingkat Masyarakat

"Pemerintah Daerah dan baik pemerintah pusat maupun Komisi VIII sebagai DPR harus mengambil langkah tertentu untuk segera merelokasi (permukiman warga) tahun ini. Apalagi di daerah ini BMKG sudah menjelaskan ada (potensi gempa) megathurst yang bisa terjadi lebih dari 8 skala Richter, ini sangat berbahaya," jelas politisi PDI-Perjuangan tersebut.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X