Banjir Kaltim Rendam 5.208 Rumah, Warga Kutai Kartanegara Tidak Mengungsi

- Selasa, 25 Januari 2022 | 16:17 WIB
Banjir yang merendam tiga belas desa terjadi setelah hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Minggu, 3 Januari 2022 siang. (Dok. BNBP)
Banjir yang merendam tiga belas desa terjadi setelah hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Minggu, 3 Januari 2022 siang. (Dok. BNBP)

HALLO INDONESIA – Banjir yang merendam tiga belas desa terjadi setelah hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Minggu, 3 Januari 2022 siang.

Sejumlah desa yang dilanda banjir berada di Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Peristiwa itu menggenangi lebih dari 5.200 rumah milik warga.

Baca Juga: Sungai Hardisingat Meluap, 6 Desa di Kabupaten Kediri, Jawa Timur Dilanda Banjir

Baca Juga: Sungai Ciberes Meluap, Banjir Rendam 964 Rumah Warga Cirebon, Jawa Barat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Kertanegara mencatat 5.208 rumah warga terdampak yang dihuni 15.623 jiwa di sejumlah desa.

Selain itu, kerugian material menyasar fasilitas pendidikan terdampak 3 unit, gedung pemerintah 13 unit dan tempat ibadah 5 unit.

BPBD mengidentifikasi jalan penghubung antar desa, seperti di Desa Sidomulyo ke Kampung Baru, Tabang Lama dan Umaq Tukung, terendam.

Banjir ini tidak mengakibatkan warga mengungsi, namun BPBD Kabupaten Kutai Kartanegara telah menyiapkan balai pertemuan umum sebagai tempat evakuasi sementara.

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Sumber: BNBP Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X