3 Rumah Warga Rusak Berat di Kabupaten Sukabumi, Akibat Diterjang Tanah Longsor

- Senin, 27 Juni 2022 | 17:21 WIB
hujan deras disertai angin kencang menyebabkan tebing di Kampung Babakan Gobang RT 03/05, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, longsor. (Dok. P2BK)
hujan deras disertai angin kencang menyebabkan tebing di Kampung Babakan Gobang RT 03/05, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, longsor. (Dok. P2BK)

HALLO INDONESIA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi melaporkan, hujan deras disertai angin kencang menyebabkan tebing di Kampung Babakan Gobang RT 03/05, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, longsor, pada Sabtu 25 Juni 2022 sore, sekira pukul 15.30 WIB.

Dari bencana alam tersebut, tiga rumah warga yang berada di atas tebing rusak berat akibat terseret longsor. Sementara itu, di bawah tebing terdapat aliran sungai.

Bagian belakang tiga rumah jebol sehingga peralatan rumah tangga yang berada di dapur, jatuh bersama material longsoran lain ke dalam sungai.

Baca Juga: Banjir Bandang dan Tanah Longsor Telan Satu Korban Jiwa di Desa Cibunian Kabupaten Bogor

Baca Juga: 5 Rumah Warga di Kota Ambon Diterjang Tanah Longsor, Banjir Landa 4 Kecamatan

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciambar Dedi Supianto menjelaskan, peristiwa tersebut berawal dari hujan deras disertai angin kencang yang menyebabkan tebing setinggi 8 meter dengan panjang 15 meter longsor. Naasnya, di atas tebing terdapat tiga rumah warga. 

"Tiga unit rumah mengalami retakan di bagian dinding dan lantai ruangan tamu. Rumah tersebut milik bapak Uton 1 KK dengan 2 jumlah jiwa, bapak Nanin 1 KK dengan 6 jumlah jiwa dan bapak Dadan 1 KK dengan 4 jumlah jiwa," jelasnya

Baca Juga: 600 Jiwa Terdampak Tanah Longsor di Kabupaten Sukabumi, Tim Gabungan Tutup Akses Jalan

Lanjut Dedi Supianto, tiga keluarga terdampak longsor saat ini sudah mengungsi lantaran dikhawatirkan akan ada potensi longsor susulan akibat struktur tanah tidak stabil sehingga mengancam keselamatan keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X