Sungai Wamena Meluap, Banjir Landa Kabupaten Malaka NTT Sebanyak 3000 KK Terdampak

- Minggu, 3 Juli 2022 | 22:27 WIB
BPBD Kabupaten Malaka menginformasikan guyuran hujan intensitas tinggi memicu meluapnya debit air Sungai Wamena. (Dok. BNPB)
BPBD Kabupaten Malaka menginformasikan guyuran hujan intensitas tinggi memicu meluapnya debit air Sungai Wamena. (Dok. BNPB)

HALLO INDONESIA - Genangan yang berdampak pada 3.000 KK di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah surut pada hari ini, Minggu, 3 Juli 2022.

Sebelumnya, sebanyak lima kecamatan terdampak banjir setelah hujan lebat yang terjadi pada hari Rabu lalu, 29 Juni 2022, pukul 05.00 waktu setempat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malaka menginformasikan guyuran hujan intensitas tinggi memicu meluapnya debit air Sungai Wamena.

Baca Juga: Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan di Lebak Banten yang Tewaskan 1 Orang dan 2 Terluka

Saat banjir berlangsung tinggi muka air terpantau sekitar 50 cm. Sebanyak 3.000 unit rumah yang tersebar di lima kecamatan yakni Kecamatan Wewiku, Malaka Barat, Malaka Tengah, Weliman dan Kobalima terendam banjir tersebut.

Tidak ada korban jiwa atau pun luka-luka saat insiden ini berlangsung. Di samping itu, BPBD setempat juga melaporkan tidak ada warga yang mengungsi.

Selain rumah terendam, banjir mengakibatkan lahan pertanian tergenang air. BPBD masih melakukan pendataan luas lahan yang rusak akibat banjir.

Baca Juga: Pengedar Narkoba Diringkus Polisi di Serang Banten, Kemas Sabu dengan Bungkus Wafer

Sebelum banjir terjadi, BPBD Provinsi NTT telah menyampaikan peringatan dini potensi bahaya banjir kepada BPBD setempat.

Selanjutnya BPBD Kabupaten Malaka meneruskan informasi tersebut kepada masyarakat dan aparat setempat.

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X