Selidiki Dugaan Sampah Antariksa di Wilayah Sanggau Kalbar, Tim Gegana Tuŕun Tangan

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:10 WIB
Serpihan sampah antariksa jatuh di wilayah Sanggau, Kalimantan Barat. (Dok. Polri)
Serpihan sampah antariksa jatuh di wilayah Sanggau, Kalimantan Barat. (Dok. Polri)

HALLO INDONESIA - Serpihan sampah antariksa jatuh di wilayah Sanggau, Kalimantan Barat. Benda tersebut diduga milik roket China RRT CZ5B berbobot sekitar 20 ton berukuran 30 meter. 

Terkait hal itu, Tim Gegana Polda Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil mengamankan dua benda lempengan besi tersebut. Hasilnya, tidak ditemukan adanya bahaya radiasi. 

"Sudah dilaksanakan pengambilan serpihan tersebut oleh Tim Gegana Polda Kalbar dengan menggunakan alat khusus, dan belum ditemukannya paparan radiasi dari kedua benda tersebut," kata Wakapolres Sanggau Kompol Novrial A. Kombo, Selasa 2 Agustus 2022. 

Baca Juga: Roket Hantam Kabul, Jatuh di Area Istana Negara Ganggu Acara Sholat Idul Adha

Baca Juga: BPKP dan Kejagung Berkolaborasi Bentuk Tim Gabungan Audit Tata Kelola Industri Kelapa Sawit

Novrial mengungkapkan, benda tersebut ditemukan warga, Minggu 31 Juli 2022 lalu, di kebun kelapa sawit milik salah satu orang warga bernama Yulius, di Dusun Penggadang, Sekayam. 

Sedangkan serpihan besi kedua ditemukan oleh warga bernama John, di Dusun Lumur, Sanggau, saat ingin berburu. Adapun kondisi serpihan tersebut berbentuk melengkung dan tipis. 

"Kemudian dilaporkan oleh masyarakat pada Polsek Sekayam. Disitu kami belum mengetahui ini apa, tapi kami melakukan olah TKP awal dengan memasang police line. Kemudian kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mendekati benda tersebut," ujarnya.***

Baca Juga: DPR Minta Kementerian Pertanian Tak Cabut Syarat Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X