KPK Tetapkan 3 Orang Tersangka Korupsi Pembangunan Gereja, Termasuk Mantan Bupati Mimika

- Kamis, 15 September 2022 | 14:26 WIB
Ilustrasi Gedung KPK. (Dok. Hallo.id/Anissa Putri)
Ilustrasi Gedung KPK. (Dok. Hallo.id/Anissa Putri)

HALLO INDONESIA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tiga orang tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi terkait Pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Ketiga tersangka tersebut yaitu EO Bupati Mimika periode 2014-2019 dan periode 2019-2024; MS Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Mimika/Pejabat Pembuat Komitmen (PPK); serta TA pihak Swasta/Direktur PT WM.

Menurut keterangan tertulis yang diterima Infopublik, Kamis 15 September 2022, KPK selanjutnya melakukan penangkapan dan penahanan terhadap Tersangka EO untuk mempercepat proses penyidikannya.

Baca Juga: Aksi Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM Terkonsentrasi di 6 Titik, Ini Daftar Lokasinya

Tersangka EO ditahan untuk 20 hari pertama terhitung sejak 8 sampai 27 September 2022. Penahanan dilakukan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Dalam perkara itu, EO diduga mengkondisikan pelaksanaan proyek pembangunan gereja dengan mengangkat MS sebagai PPK lalu memerintahkannya menunjuk TA sebagai pemenang proyek.

Padahal kegiatan lelang belum diumumkan. EO dan TA kemudian bersepakat atas pembagian fee 10 persen dari nilai proyek, di mana EO mendapat 7 persen dan TA 3 persen.

Baca Juga: Panglima TNI Dukung Penuh Pengamanan Objek Vital Nasional Pertamina

Tersangka TA mensubkontrakkan seluruh pekerjaan ke beberapa perusahaan, salah satunya PT KPPN, tanpa adanya perjanjian kontrak dengan Pemkab Mimika.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X