BMKG Stasiun Balikpapan: 19 Titik Panas Tersebar di Provinsi Kalimantan Timur

- Minggu, 18 September 2022 | 20:25 WIB
Ilustrasi titik panas di Provinsi Kalimantan Timur. (Pexels.com/Vladyslav Dukhin)
Ilustrasi titik panas di Provinsi Kalimantan Timur. (Pexels.com/Vladyslav Dukhin)

HALLO INDONESIA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Balikpapan melaporkan terdapat 19 titik panas yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Temuan tersebut diharapkan ditindaklanjuti pihak terkait dengan melakukan penanganan Karhutla.

"19 titik panas tersebut terpantau sepanjang Jumat kemarin mulai pukul 01.00 Wita hingga pukul 24.00 Wita," terang Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Sabtu, 17 September 2022.

Baca Juga: Bertambah Jadi 14 Orang, Korban Pencabulan Oleh Calon Pendeta di Kabupaten Alor

Adapun sebaran 19 titik panas itu pun telah disampaikan kepada instansi terkait.

Terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Sehari sebelumnya, BMKG juga mendeteksi 79 titik panas terhadap enam kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait. Sehingga titik panas itu sudah padam.

Baca Juga: KPK Tetapkan 3 Orang Tersangka Korupsi Pembangunan Gereja, Termasuk Mantan Bupati Mimika

Sementara itu, 19 titik panas yang terpantau kemarin berada di titik koordinat berbeda walaupun ada yang masih dalam kabupaten yang sama.

"Sebanyak 19 titik panas yang terpantau kemarin tersebar pada tiga kabupaten, yakni di Kabupaten Kutai Timur ada 2 titik, Kabupaten Berau terdapat 16 titik, dan Kabupaten Mahakam Ulu terdeteksi 1 titik panas," tandasnya.***

Halaman:

Editor: Banny Rachman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X