Polda Selidiki Kasus Penipuan Terhadap 350 Calon PMI asal Bali oleh PT MAG Diamond

- Senin, 26 September 2022 | 13:24 WIB
Kabid Humas Polda Bali, Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto.  (Dok. Tribratanews.polri.go.id)
Kabid Humas Polda Bali, Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto. (Dok. Tribratanews.polri.go.id)

HALLO INDONESIA - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah (Polda) Bali Bidang Ketenagakerjaan memastikan tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus penipuan yang menimpa 350 calon pekerja migran Indonesia (PMI) asal Bali oleh PT MAG Diamond.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali, Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, S.I.K., M.Si., di Denpasar, Bali, Sabtu 24 September 2022 mengatakan, dari 350 calon PMI yang diduga ditipu oleh PT. Mutiara Abadi Gusmawan (MAG Diamond), baru 16 yang melaporkannya kepada pihak Kepolisian Daerah Bali.

“Peristiwa yang dilaporkan adanya dugaan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 dan atau 372 KUHP,” jelas Kabid Humas Polda Bali

Baca Juga: Termasuk Satgaswil Densus 88 Antiteror, Polisi Selidiki Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Kabid Humas Polda Bali mengatakan laporan terakhir yang diterima penyidik Polda Bali yakni pada 15 September 2022 atas nama Dina Ayu Fitriana dengan dua orang nama korban yakni Dina Ayu Fitriana dan Yoka Darmawan berdasarkan laporan nomor LP/B/556/IX/2022/SPKT/POLDA BALI.

Berdasarkan keterangan pelapor, peristiwa penipuan yang dialami pelapor berawal pada akhir Juli 2020.

Saat itu, pelapor mendapat informasi tentang pembukaan lapangan pekerjaan ke luar negeri yang diselenggarakan oleh PT. MAG yang berkantor di Jalan Mertanadi, Kabupaten Badung, Bali, jelas Kabid Humas Polda Bali

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun Terjadi di Tol Malang Pandaan Jatim, Libatkan Bus dan 4 Kendaraan

Karena merasa tertarik dengan prospek kerja yang dijanjikan PT MAG, pelapor mendaftarkan diri dengan membayarkan uang pendaftaran dan administrasi sebesar Rp. 25 juta pada tanggal 13 Agustus 2020.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X