Diguyur Hujan Lebat, 6 Desa di Kabupaten Jombang Jawa Timur Terendam Banjir

- Jumat, 25 November 2022 | 03:50 WIB
Banjir yang merendam pemukiman penduduk salah satu desa di Jombang. FOTO: Zainul Arifin
Banjir yang merendam pemukiman penduduk salah satu desa di Jombang. FOTO: Zainul Arifin

HALLO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang melaporkan banjir merendam enam desa di sejumlah kecamatan di wilayah Kota Santri Jombang, Jawa Timur pada Kamis 24 November 2022 malam.

Yaitu Kecamatan Peterongan, Jogoroto, Mojoagung. Banjir disebabkan karena beberapa jam terjadi hujan lebat di wilayah hulu sehingga debit air sungai meluap karena tak kuat menampung. 

Ketinggian air banjir di 6 desa tersebut bervariasi. Dari mulai 40 centimeter hingga mencapai 160 centimeter. Sejumlah warga pun dievakuasi petugas BPBD Jombang dan rawan ke tempat yang aman.

Baca Juga: Kasus Keluarga Tewas di Kalideres, Tim Dokter Forensik Dalami Temuan Baru dari Tubuh Korban

Baca Juga: Polda Metro Jaya Turunkan 1500 Relawan untuk Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Baca Juga: Seruduk 7 Motor di Kebayoran Baru Jaksel, Polisi Ungkap Penyebab Truk Oleng

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Jombang pada Kamis 24 November 2022 pukul 21.30 WIB, banjir di Kecamatan Peterongan terjadi di Desa Mancar dan Desa Peterongan meliputi Dusun Rejoso, Pajaran, serta Wonokerto.

Bajir di wilah tersebut ketinggian air 40 sampai 60 centimeter (cm). Kemudian di Kecamatan Jogoroto, banjir menerjang Dusun Sawahan Desa Sambirejo. Ketinggian air juga tidak jauh berbeda di wilayah Peterongan. 

Kemudian di Kecamatan Mojoagung yang terkena banjir yakni Dusun Klampisan, Dusun Tejo Selatan, Dusun Wates Desa Tejo. Lalu Dusun Kebondalem Desa Kademangan dan Dusun Kagulan Desa Janti Kecamatan Mojoagung.

Di dusun Kebondalem, ketinggian air mencapai 130 centimeter. Sedangkan ketinggian air di Desa Tejo  antara 30 sampai 150 centimeter. Hingga dini hari masih belum ada tanda-tanda surut. 

Halaman:

Editor: Zainul Arifin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X