Benarkah Ritual Mantap-mantap di Gunung Bolo Tulungagung Bisa Kaya

- Selasa, 24 Januari 2023 | 08:04 WIB
Gunung Bolo Tulungagung (Foto: Ist)
Gunung Bolo Tulungagung (Foto: Ist)

HALLO.ID - Dimasa sulit sekarang ini banyak sekali orang susah mencari pekerjaan untuk menyambung hidup. Apalagi ditambah naiknya BBM yang naik, sehingga harga kebutuhan pokokpun juga naik.

Sedangkan kebutuhan adalah sesuatu yang muncul secara naluri dan sangat diperlukan manusia untuk mempertahankan kehidupan, untuk kepuasan jasmani maupun kepuasan rohani.

Intensitas kebutuhan manusia terbagi menjadi tiga jenis yakni kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Baca Juga: 1 Abad NU, Denny Malik Pimpin 15 Ribu Banser

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang berkaitan dengan mempertahankan hidup secara layak seperti, sandang, pangan dan papan.

Kebutuhan sekunder adalah suatu keperluan yang tingkat prioritasnya berada di bawah kebutuhan pokok atau primer seperti, hiburan, kendaraan pribadi, dan smartphone dan lain-lain.

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan mewah dan mampu menjadi pelengkap kehidupan manusia seperti, mobil mewah, barang branded, perhiasan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Misteri Embung Jatimalang, Antara Mitos dan Fakta

Dua kebutuhan primer dan sekunder ini membuat orang cenderung berpikiran instan dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Banyak orang kerena kurang iman akhirnya mencari pesugian.

Seperti halnya di Tulungaagung, Jawa Timur ada tempat ritual khusus pesugian. Makam kuno yang terletak di Bukit Bolo, Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur ini dipercaya bila pengen cepat kaya pemujanya harus berhubungan badan atau istilahnya sekarang bermantap-mantap.

Halaman:

Editor: Sumartono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Wilayah Kota Bogor

Sabtu, 4 Februari 2023 | 08:33 WIB
X