Ratusan Umat Hindu Hadiri Ritual Siwaratri yang Perdana di Kawasan Candi Prambanan

- Rabu, 25 Januari 2023 | 07:28 WIB
Ratusan umat Hindu dari berbagai daerah mengikuti persembahyangan Hari Suci Siwaratri di Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat 20 Januari 2023. (Dok.BUMN.go.id)
Ratusan umat Hindu dari berbagai daerah mengikuti persembahyangan Hari Suci Siwaratri di Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat 20 Januari 2023. (Dok.BUMN.go.id)

HALLO.ID - Ratusan umat Hindu dari berbagai daerah mengikuti persembahyangan Hari Suci Siwaratri di Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat 20 Januari 2023.

Hari Raya Siwaratri ialah hari suci untuk melakukan pemujaan terhadap Sang Hyang Widhi dalam manifestasi-Nya sebagai Dewa Siwa.

Di persembahyangan Siwaratri, umat Hindu melakukan ritual dan perenungan suci semalam suntuk.

Baca Juga: Samsung Hadirkan Galaxy A14, Smartphone 5G Paling Terjangkau Bagi Generasi Muda

Mereka melakukan evaluasi dan introspeksi diri atas perbuatan atau dosa yang telah dilakukan agar diberikan tuntunan menuju jalan kebaikan.

Persembahyangan Siwaratri perdana di Candi Prambanan ini merupakan upacara ketiga yang dilaksanakan umat Hindu setelah adanya Nota Kesepakatan dan Pedoman Pemanfaatan Candi Prambanan.

"Tim Pemanfaatan Candi Prambanan telah menetapkan jadwal kegiatan peribadatan sepanjang tahun 2023, harapannya umat Hindu dari seluruh pelosok Indonesia bahkan dunia dapat hadir," ungkap Ketua Tim Pemanfaatan Candi Prambanan, Astono Candra Dana.

Baca Juga: Jungkook BTS Bocorkan Rahasia Bisa Tidur Nyenyak ke ARMY, Cari Tahu yuk 

Selain kegiatan peribadatan terjadwal,  umat Hindu juga masih dapat melakukan peribadatan bersama di Candi Prambanan.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: bumn.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Wilayah Kota Bogor

Sabtu, 4 Februari 2023 | 08:33 WIB
X