Kapolri Listyo Sigit Prabowo Perintahkan Jajarannya Berantas Pinjol Ilegal

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:05 WIB
Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Humas.polri.go.id)
Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Humas.polri.go.id)

HALLO INDONESIA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo perintahkan jajarannya untuk memberantas pinjaman online (Pinjol) yang tidak memiliki izin atau ilegal.

Dia juga menginstruksikan untuk menindak tegas termasuk secara represif kepada para penyelenggara financial technology peer to peer lending (fintech P2P lending) atau pinjol ilegal, karena dianggap merugikan masyarakat.

Instruksi ini juga menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo untuk memberikan perhatian khusus terhadap kejahatan pinjol, khususnya selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kominfo Blokir Ribuan Aplikasi Pinjaman Online Ilegal, Karena Dianggap Merugikan

“Kejahatan pinjol ilegal sangat merugikan masyarakat sehingga diperlukan langkah penanganan khusus, lakukan upaya pemberantasan dengan strategi Preemtif, Preventif maupun Represif,” tegas Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam siaran persnya dikutip Hallo.id, 13 Oktober 2021.

Menurut Kapolri, pinjol kerap melakukan beragam modus dalam memberikan tawaran yang membuat masyarakat tergiur untuk menggunakan jasa tersebut, terlebih selama Pandemi Covid-19.

Kemudian, penyelenggara pinjol seringkali mengincar masyarakat yang terdampak perekonomiannya, sehingga menyebabkan jumlah korban dari kejahatan itu terus meningkat.

Baca Juga: Pernyataan Baim Wong Soal Video Kakek Suhud, Akui Tidak Suka Orang Minta Duit

Menjadi ironi, kasus itu juga menunjukkan penyebab beberapa warga memutuskan mengakhiri hidupnya karena tak bisa membayar bunga yang besar dari pinjol ilegal.

Halaman:

Editor: Budi Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X