Jurnalis Asrul Dituntut 1 Tahun Penjara Karena Beritakan Kasus Dugaan Korupsi

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 20:05 WIB
 Jurnalis  Asrul   duduk di kursi pesakitan mendengar tuntutan Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri  Palopo.  (dok.Hallo.id/Akbar Nur Qadri)
Jurnalis Asrul duduk di kursi pesakitan mendengar tuntutan Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Palopo. (dok.Hallo.id/Akbar Nur Qadri)

HALLO INDONESIA - Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Palopo, Sulawesi Selatan, menuntut jurnalis Berita.News Muhammad Asrul dengan hukuman pidana penjara 1 tahun dalam perkara UU ITE.

Dalam sidang yang digelar di ruang Kusumah Atmadja, Pengadilan Negeri Palopo, Rabu, 13 Oktober 2021, Jaksa dalam tuntutannya menilai terdakwa Asrul melakukan pencemaran nama baik terhadap Farid Kasim Judas (FKJ).

Pencemaran nama baik tersebut atas empat berita dugaan korupsi yang ditulis Asrul dan tayang di media Berita.News.

Baca Juga: Edy Rahmat Sebut Pernah Setor Uang ke Pegawai BPK Sulsel untuk Hilangkan Temuan

"Menyatakan terdakwa Muhammad Asrul bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan Informasi elektronik, sebagaimana diatur dalam pasal 45 ayat 1 juncto pasal 27 ayat 3 UU Nomor 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," ujar JPU
Irmawati.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Muhammad Asrul dengan pidana penjara selama 1 tahun, dengan perintah agar terdakwa segera ditahan," tambah Irmawati.


Sidang pembacaan tuntutan Jaksa terhadap terdakwa Asrul sempat tertunda selama tiga pekan karena Jaksa tidak siap dan terdakwa sakit.

Baca Juga: Saksi Sebut Pernah Diperintah NA Bangun Masjid 9x12 Meter di Maros dengan Biaya CSR Sebesar Rp1 Miliar


Kuasa Hukum Asrul dari Koalisi Advokat untuk Kebebasan Pers dan Berekspresi, Andi Ikra Rahman menilai, tuntutan Jaksa dengan menerapkan pasal 45 UU ITE jauh dari fakta persidangan dan dianggap keliru menafsirkan subjek hukum dalam perkara ini.

Halaman:

Editor: Akbar Nur Qadri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X