Polisi Ungkap Status Terkini Roy Suryo, Terkait Kasus Editan Patung Candi Borobudur

- Rabu, 29 Juni 2022 | 03:09 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. (Dok. Polri)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. (Dok. Polri)

HALLO INDONESIA - Tim Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menyebutkan siap menentukan status dari Roy Suryo sebagai pelapor atau terlapor dalam kasus unggahan editan foto patung Buddha Candi Borobudur dalam tahap penyidikan.

Laporan polisi yang diterima dalam kasus ini baik Roy Suryo sebagai pelapor maupun terlapor diproses oleh tim penyidik secara beriringan.

“Beriringan, jadi yang hari ini sudah ditangani, baik sebagai pelapor dan terlapor. Nanti penyidik akan menentukan hari ini kasus laporan mana yang bisa naik ke tingkat penyidikan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, di Jakarta, Selasa 28 Juni 2022.

Baca Juga: Polisi Akan Profesional dalam Sikapi Kasus Meme Stupa Candi Borobudur Roy Suryo

Adapun laporan yang telah masuk ke Polda Metro Jaya dengan status Roy Suryo sebagai pelapor telah diurus sesuai dengan laporan polisi yang dibuat oleh kuasa hukumnya, Putra Romadoni Nasution, pada 16 Juni 2022.

“Terlapornya dalam hal ini adalah akun Twitter yang terlapor dalam hal ini adalah akun Twitter yang kita sudah miliki datanya sesuai laporan yang dilaporkan ke Polda Metro,” ucap Zulpan.

Tim penyidik telah melakukan beberapa langkah dalam laporan ini seperti menerbitkan surat perintah penyidikan, surat perintah tugas pada 23 Juni 2022, mengirimkan undangan klarifikasi ke terlapor yang diagendakan pemeriksaan pada Kamis, 30 Juni 2022.

Baca Juga: Taman Wisata Candi Borobudur dan LPS Kolaborasi Majukan Seni Pertunjukan

Penyidik juga telah melakukan permintaan keterangan  terhadap beberapa ahli, seperti ahli agama, bahasa, sosialogi, siber, dan ahli hukum pidana serta koordinasi juga sudah dijalin penyidik dengan Jaksa Penuntun Umum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X