KPU Beri Tanggapan Setelah Temukan Anggotanya Dicatut Jadi Kader Partai Politik

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:38 WIB
Ilustrasi Pemilihan Umum. (Dok. Media Hallo/M. Rifai Azhari)
Ilustrasi Pemilihan Umum. (Dok. Media Hallo/M. Rifai Azhari)

HALLO INDONESIA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menemukan sebanyak 98 nama anggotanya dicatut sebagai kader partai politik (parpol).

Komisioner KPU RI, Idham Holik mengungkapkan, bahwa temuan tersebut berdasarkan laporan dari anggota KPU yang namanya dicatut.

“Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh berbagai KPU Provinsi kepada Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI, ada 98 orang penyelenggara pemilu di daerah (komisioner dan/sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota) yang telah menyampaikan pengaduan bahwa nama-nama mereka ada di dalam daftar keanggotaan partai politik yang ada di dalam aplikasi SIPOL, padahal yang bersangkutan tidak pernah memiliki KTA partai politik atau tidak pernah mengajukan diri menjadi anggota partai politik,” ungkapnya kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis 4 Agustus 2022.

Baca Juga: Bisa Picu Perpecahan, Waspadai Politik Identitas Jelang Penyelenggaraan Pemilu 2024

Baca Juga: Amankan Tahapan Pendaftaran Parpol Pemilu 2024, Polda Metro Jaya Kerahkan 100 Personel

Idham menyampaikan, bahwa ke-98 orang tersebut telah melakukan pengecekan secara mandiri melalui laman info.pemilu.kpu.go.id sebagai bentuk partisipasi masyarakat, karena selama tahapan pendaftaran parpol dan verifikasi dokumen persyaratan parpol calon peserta pemilu, tersedia ruang partisipasi dalam bentuk pengecekan keanggotaan parpol.

Menurut Idham, siapapun dipersilakan untuk mengisi Formulir Tanggapan Masyarakat yang tersedia di dalam laman info.pemilu.kpu.go.id.

“Hal ini diatur dalam Pasal 140 ayat PKPU Nomor 1 Tahun 2022. KPU RI memberikan ruang partisipasi masyarakat agar dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu Serentak 2024 menjadi lebih partisipatif,” ujarnya.

Baca Juga: Pemilu 2024, Golkar Pasang Target Menang Pilpres dan 115 Kursi DPR

Halaman:

Editor: Timothy Alden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X