Respons Lepas Masker di Area Terbuka, Ketua MUI: Salat Berjamaah Buka Masker Asalkan Kondisi Sehat

- Rabu, 18 Mei 2022 | 13:12 WIB
Ilustrasi salat berjamaah. MUI menangapi keputusan pemerintah untuk melonggarkan penggunaan masker saat beraktivitas di luar ruangan dan area terbuka. (MUI.or.id)
Ilustrasi salat berjamaah. MUI menangapi keputusan pemerintah untuk melonggarkan penggunaan masker saat beraktivitas di luar ruangan dan area terbuka. (MUI.or.id)

HALLO INDONESIA - Pemerintah mengambil keputusan untuk melonggarkan penggunaan masker bagi masyarakat saat beraktivitas di luar ruangan dan area terbuka. Dengan catatan, area tersebut tidak padat orang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022).

Menanggapi hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga membolehkan pelaksanaan solat berjamaah untuk tidak memakai masker, tetapi hal ini hanya khusus bagi jamaah yang dalam kondisi sehat.

Baca Juga: Tren Kenaikan Terkonfirmasi Positif Naik, BNPB Ingatkan Pentingnya Memakai Masker

“Seiring dengan pelonggaran protokol kesehatan yang kembali ditetapkan pemerintah, maka pelaksanaan salat bagi masyarakat muslim yang sehat sudah tidak memakai masker lagi,”kata Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh.

Ditambahkan, seusai salat berjamaah, apabila berada di ruang publik perlu menyesuaikan.

Selain itu, kiai Niam mengimbau kepada pengurus masjid dan mushala yang sebelumnya melipat karpet untuk mencegah penularan Covid-19, sekarang ini sudah bisa kembali untuk menggelar karpet dan sejadah untuk kenyamanan dan kehusyuan beribadah.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Skema Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H/2022 M

Namun demikian, ia mengingatkan umat Islam agar tetap waspada untuk menjaga kesehatan.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: mui.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MUI Tetapkan Vaksin Merah Putih Suci dan Halal

Minggu, 26 Juni 2022 | 11:16 WIB
X