Terima Kunjungan Rektor MIU Iran, PP Muhammadiyah: Kewajiban Memuliakan Tamu

- Kamis, 23 Juni 2022 | 09:08 WIB
Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Fathurrahman Kamal. Jagat maya warga persyarikatan ramai membicarakan kunjungan rektor MUI, Iran ke Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta. (Dok. MUI.or.id)
Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Fathurrahman Kamal. Jagat maya warga persyarikatan ramai membicarakan kunjungan rektor MUI, Iran ke Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta. (Dok. MUI.or.id)

HALLO INDONESIA - Jagat maya warga persyarikatan sedang ramai membicarakan kunjungan Rektor Al-Mustafa International University (MIU) dari Kota Qum, Republik Islam Iran pada, Kamis (16/6) di Kantor Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta.

Perbincangan menjurus pada kekhawatiran bahwa Muhammadiyah akan di-Syiahkan, dan tudingan-tudingan miring lain dialamatkan kepada Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Tak pelak, kehadiran tokoh pendidikan di iran ke Muhammadiyah  ini menimbulkan kegaduhan dan riak-riak kecil aktivis media sosial warga persyarikatan.

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha pada 9 Juli 2022, Pengumuman Resmi dari Muhammadiyah

Mengenai hal itu, Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Fathurrahman Kamal menegaskan bahwa dari aspek teologis, warga persyarikatan tidak perlu untuk terlalu merisaukan kunjungan yang dilakukan oleh Rektor MIU, Iran.

“Saya memandangnya secara sederhana saja, bahwa hal tersebut sebagai kewajiban ikrāmu-l-dlaif (memuliakan tamu)," katanya.

Menurutnya, tak berbeda dengan audiensi tamu-tamu lainnya dari ragam latar belakang, etnis, suku, bangsa, dan bahkan agama di internal Persyarikatan, pun pula di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM)”. 

Baca Juga: KPK Terus Usut Aliran Uang Dugaan Suap Bupati Nonaktif Kabupaten Bogor Ade Yasin

Ditambahkan, Muhammadiyah dari aspek teologis sudah mantap sebagaimana Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM);

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: Muhammadiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MUI Tetapkan Vaksin Merah Putih Suci dan Halal

Minggu, 26 Juni 2022 | 11:16 WIB
X