Kiai Niam: MUI Akan Kaji Permohonan Pembelian BBM Bersubsidi

- Senin, 29 Agustus 2022 | 07:57 WIB
Ilustrasi SPBU.   Ketua MUI, KH Asrorun Niam Soleh mengatakan MUI akan mengkaji setiap permohonan fatwa, termasuk terkait pembelian BBM bersubsidi. (Dok. Pertamina.com)
Ilustrasi SPBU. Ketua MUI, KH Asrorun Niam Soleh mengatakan MUI akan mengkaji setiap permohonan fatwa, termasuk terkait pembelian BBM bersubsidi. (Dok. Pertamina.com)


HALLO INDONESIA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh menyatakan, MUI akan mengkaji setiap permohonan fatwa, termasuk permohonan fatwa terkait pembelian BBM bersubsidi.

Namun begitu, kiai Asrorun Niam mengungkapkan, sampai saat ini MUI  belum menerima permohonan fatwa terkait pembelian BBM bersubsidi.

“Fatwa itu kan jawaban keagamaan atas pertanyaan yang muncul. Hingga hari ini belum ada permohonan ke MUI terkait pembelian BBM bersubsidi," katanya.

Baca Juga: Terkait Rencana Kenaikan Harga BBM Bersubsidi, Mulyanto Sebut DPR Belum Bahas.

Menurutnya, setiap permohonan fatwa yang masuk akan dikaji, apakah memenuhi syarat sebagai istifta dan layak difatwakan atau tidak.

Ditambahkan, setiap permohonan fatwa yang masuk ke MUI akan dikaji terlebih dahulu, apakah hal tersebut beririsan dengan masalah keagamaan sehingga bisa difatwakan;

Atau pada aspek teknis atau tata kelola pemerintahan yang tidak terkait langsung dengan masalah keagamaan.

Baca Juga: Kalah di Final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Ahsan/Hendra Tetap Bersyukur Raih Medali Perak

Menurut Kiai Niam, hasil kajian permohonan fatwa di MUI tersebut nantinya bisa dalam bentuk fatwa, bisa dalam bentuk panduan, rekomendasi atau tausiyah dan bisa juga dalam bentuk jawaban yang relevan.

“Sebagai khadimul ummah, MUI tidak mungkin menolak permohonan fatwa dari masyarakat. MUI akan kaji setiap permohonan fatwa,” kata Kiai Niam.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: mui.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Visa Umrah Jemaah Indonesia Tetap Gunakan Skema B to B

Jumat, 23 September 2022 | 06:49 WIB
X