Membaca Surah Al Kahfi di Hari Jumat untuk Menghindari Fitnah Dajjal

- Jumat, 2 September 2022 | 19:32 WIB
Ilustrasi sedang memanjatkan doa.   Di malam Jumat dan hari Jumat, muslim dianjurkan untuk membaca Surah Al Kahfi agar terhindar dari fitnah dajjal.  (Dok. Hallo id/M. Rifa'i Azhari)
Ilustrasi sedang memanjatkan doa. Di malam Jumat dan hari Jumat, muslim dianjurkan untuk membaca Surah Al Kahfi agar terhindar dari fitnah dajjal. (Dok. Hallo id/M. Rifa'i Azhari)

HALLO INDONESIA - Seorang muslim disunahkan untuk setiap saat membaca Al Qur'an, selain mendapat pahala juga ketenangan hati.

Pada prinsipnya, aktivitas membaca Al-Qur’an baik dilakukan pada hari dan bulan apa saja. Namun dianjurkan untuk membaca Al Qur'an di hari Jumat, Senin, dan Kamis.

Di hari Jumat, muslim sangat dianjurkan untuk membaca Surah Al Kahfi. Selain hari Jumat, malam Jumat merupakan waktu yang baik untuk membaca Surah Al Kahfi agar terhindar dari fitnah dajjal.

Baca Juga: Bencana Gempa Bumi dengan Kekuatan M 5,0 Guncang Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh

Sejumlah hadits Nabi Muhammad SAW mengungkapkan faedah membaca Surah Al Kahfi di malam Jumat dan hari Jumat.

Salah satu cara agar terhindar dari fitnah Dajjal adalah dengan membaca surah Al-Kahfi pada malam jum’at. Khususnya pada sepuluh ayat pertama dan sepuluh ayat terakhir. 

Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat dari permulaan surah Al-Kahfi, maka ia akan terjaga dari fitnahnya Dajjal.”(HR. Imam Ahmad, dan an-Nasâ’i, dan Muslim).

Baca Juga: Putri Candrawathi kepada Komnas Anti Kekerasan terhadap Perempuan, Sering Sebut Lebih Baik Mati

Pada hadist lain Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi sebagaimana ia diturunkan, maka surah tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat dari tempat tinggalnya hingga ke Mekkah, dan barangsiapa yang membaca sepuluh ayat terakhir dari surah Al-Kahfi, kemudian keluar Dajjal, maka Dajjal tidak akan membahayakan dia.”

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Visa Umrah Jemaah Indonesia Tetap Gunakan Skema B to B

Jumat, 23 September 2022 | 06:49 WIB
X