KPRK MUI Keluarkan Sejumlah Rekomendasi Cegah Kekerasan Seksual di Pesantren

- Minggu, 4 September 2022 | 20:28 WIB
Ilustrasi Kekerasan Seksual.  Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga (KPRK) MUI mengeluarkan sejumlah rekomendasikan untuk mencegah kekerasan seksual di pesantren. (Dok Media Hallo/M. Rifai Azhari)
Ilustrasi Kekerasan Seksual. Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga (KPRK) MUI mengeluarkan sejumlah rekomendasikan untuk mencegah kekerasan seksual di pesantren. (Dok Media Hallo/M. Rifai Azhari)


HALLO INDONESIA - Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia (KPRK MUI) mengeluarkan sejumlah rekomendasi untuk pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual di pondok pesantren.

Ketua KPRK MUI, Dr Siti Marifah, mengatakan kekerasan dan pelecehan seksual dimana pun khususnya di pondok pesantren dan lembaga pendidikan lainnya harus disetop.

Untuk itu, Ketua KPRK MUI itu mendorong agar pesantren memperkuat kembali misi mulia yang ada dengan melakukan langkah konkret di antaranya melakukan tansiqul harakah atau gerakan bersama.

Baca Juga: Kick Off Kongres Mujahid Digital, MUI Dorong Narasi Islam Ramah dan Toleran di Media Sosial

Ditambahkan Siti Marifah, langkah konkret lainnya adalah dengan melakukan pernyataan sikap bersama untuk menyerukan stop kekerasan dan pelecehan seksual di pondok pesantren dan lembaga pendidikan lainnya.

Selain itu menurutnya, melalui restorative justice (keadilan restoratif).

“Setiap pihak bersama-sama menyelesaikan persoalan kekerasan seksual secara proporsional berkeadilan dengan melibatkan ahli yang kredibel seperti psikolog, akademisi dan lainnya,” katanya. 

Baca Juga: Jokowi: Saya Sebetulnya Ingin BBM di Tetap Terjangkau dengan Berikan Subsidi dari APBN, Tetapi...

Siti Marifah mengungkapkan, pihaknya akan membuat role model pesantren sebagai contoh pesantren yang ramah anak. Hal itu harus diiringi kordinasi dengan pemangku kepentingan.

“Nanti akan ditindaklanjuti dengan stakeholder terkait dengan mambuat role model pesantren ramah anak itu seperti apa,” katanya. 

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: mui.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Visa Umrah Jemaah Indonesia Tetap Gunakan Skema B to B

Jumat, 23 September 2022 | 06:49 WIB
X