Kemenag Luncurkan Aplikasi Ustadzkita, Menag: Permudah Umat Mencari Ustaz

- Rabu, 7 September 2022 | 06:54 WIB
Menag, Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan aplikasi ustadzkita yang dikembangkan oleh Ditjen Bimas Islam Kemenag.  (Dok. Kemenag.go.id)
Menag, Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan aplikasi ustadzkita yang dikembangkan oleh Ditjen Bimas Islam Kemenag. (Dok. Kemenag.go.id)

HALLO INDONESIA - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan aplikasiustadzkita’. Aplikasi ini dikembangkan oleh Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dan sudah bisa diakses melalui playstore.

Rilis aplikasiustadzkita’ dilaksanakan dalam rangkaian Halaqah Dai dan Pengukuhan Majelis Dai Kebangsaan di Jakarta.

"Aplikasi ‘ustadzkita’ diharapkan bisa diakses masyarakat umum sehingga masyarakat bisa mencari dai untuk diundang memberikan tausiah dan pemahaman kegamaan," kata Menag.

Baca Juga: Selain Web dan Android, Aplikasi Al Quran Kemenag Kini Bisa Diakses Pengguna iOS

"Aplikasi ‘ustadzkita’ diharapkan benar-benar memudahkan masyarakat mencari dai atau ustaz," ujar pria yang akrab disapa Gus Men ini.

Ditambahkan, pekerjaan penting para dai yang harus benar-benar dipahami dan dilaksanakan adalah sebagai penanggungj awab dan penuntun umat. Dai adalah obor bagi jalan terangnya umat.

Menjadi dai, menurut Menag, bukan hal mudah. Dai bukan hanya orang yang piawai menyampaikan orasi, atau dapat berbicara dengan baik dan runut, diselingi sedikit humor sehingga objek dakwah terhibur.

Baca Juga: Selamat! Desa Gedepangrango Terpilih Sebagai Finalis ‘One Village One Story’ Tingkat Provinsi Jawa Barat 2022

"Dai adalah orang yang bisa menyampaikan pendapat dan pesan keagamaan sesuai dengan pikiran pendengar, dan ini tidak mudah. Dibutuhkan seni tersendiri untuk melakukan hal ini," tambahnya.

Halaman:

Editor: Setiawan Adiwijaya

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Visa Umrah Jemaah Indonesia Tetap Gunakan Skema B to B

Jumat, 23 September 2022 | 06:49 WIB
X