Patut Diancungi Jempol, Budaya Bersih dari Penonton Jepang di Stadion Piala Dunia Qatar 2022

- Kamis, 24 November 2022 | 16:44 WIB
Timnas Jepang meninggalkan origami di ruang ganti mereka.
Timnas Jepang meninggalkan origami di ruang ganti mereka.

HALLO ID – Tim nasional Jepang menghadirkan kejutan setelah berhasil mengalahkan timnas Jerman dengan skor 2-1 dalam pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar pada Rabu, 23/11/2022.

Kejutan tidak hanya diberikan oleh timnas Jepang, namun juga penonton dan supporter Jepang. Beredar video pendek berisi penonton Jepang yang membersihkan sampah di sejumlah titik di Stadion Piala Dunia Qatar 2022.

Dalam video pendek yang diunggah di Twitter @BBCSport, usai pertandingan Jepang – Jerman, ketika para penonton telah meninggalkan tempat duduknya, para penonton asal Jepang tidak ikut pulang.

Mereka terlihat memunguti sampah, bendera, dan atribut lainnya yang berserakan di tempat duduk hingga tempat lainnya.

Baca Juga: Akhirnya, setelah Tiga Kali Dipenjara, Anwar Ibrahim pun Jadi PM Malaysia

Setelah pertandingan berakhir, penonton asal Jepang menunda perayaan kemenangan negaranya. Mereka justru menunda perayaan dan memilih untuk bersih-bersih di stadion. Mereka meninggalkan stadion dalam keadaan bersih.

Sikap penonton Jepang ini ternyata sudah berlangsung sejak lama. Pada Piala Dunia 2014 di Brasil, penonton Jepang juga mendapat sorotan positif karena menjaga stadion tetap bersih.

Budaya bersih-bersih ini tidak hanya berhenti di supporter saja, timnas Jepang pun juga bersikap demikian. Timnas Jepang juga membersihkan ruang ganti mereka hingga bersih dan rapi.***

 

Halaman:

Editor: Jacobus E. Lato

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Terkini

X