71 Persen Prediksi Robot Kashef atas Piala Dunia 2022 Akurat

- Kamis, 24 November 2022 | 18:23 WIB
Bola kristal, salah satu sarana untuk meramal yang kini mulai tergeser oleh robot canggih sekelas Kashef yang digunakan untuk memprediksi hasil pertandingan selama Piala Dunia 2022. Foto/Dok.ist.
Bola kristal, salah satu sarana untuk meramal yang kini mulai tergeser oleh robot canggih sekelas Kashef yang digunakan untuk memprediksi hasil pertandingan selama Piala Dunia 2022. Foto/Dok.ist.


HALLO. ID. Prediksi kerapkali tidak senantiasa memastikan. Ia secara psikilogis memberikan dorongan untuk bangkitnya keyakinan diri. Berbagai faktor terkait menyebabkan ambang batas prediktif menjadi terlampau lebar sehingga salah.

Robot Artificial Intelligence (AI) Kashef), piranti canggih yang digunakan Stasiun Televisi Al-Jazeera untuk meramalkan hasil kemenangan pertandingan selama Piala Dunia 2022 pun demikian. Bisa salah.

Diperkirakan, bagaimanapun, piranti itu mampu memberikan tingkat prediksi yang cukup bagus. Mencapai 71 persen.

Dalam empat hari awal tugasnya, meski seperti diakui oleh Al-Jazeera sendiri, kinerja robotnya kurang memadai, sejumlah prediksi yang benar memberikan keyakinan tersendiri kepada para pemain, para pendukung, bahkan rakyat dan pemerintahan asal tim pemain.

Baca Juga: Haidar Membunuh dan Membakar Jasad Temannya, Ini Motif Sesungguhnya

Baca Juga: Robot Kashef Ramalkan Swiss, Uruguay, Portugal dan Brasil Menang Hari Ini

Ketika meramalkan hasil pertandingan Qatar vs Qkador, Minggu, 21 November 2022, robot AI itu terbukti benar. Ekuador diperhitungkan berpotensi menang 49 persen, dan terbukti ia menang telak atas Qatar, 2-0.

Kashef juga terbukti tepat memprediksi hasil akhir pertandingan Inggris vs Qatar, yang diramalkan Inggris berpotensi menang 53 persen. Dan tepat. Inggris menang telak, 6 -2.

Baca Juga: Fokus Evakuasi 39 Korban Hilang, Presiden Jokowi Kembali Tinjau Korban Gempa Cianjur

Robot Kashef dapat bekerja maksimal jika informasi pendukung seputar 32 tim yang mewakili 32 negara disiapkan baginya. Datanya beragam. Terkait dengan soal jumlah kemenangan, gol yang dicetak, ranking versi FIFA, berserta data pendukung lainnya.

Halaman:

Editor: Jacobus E. Lato

Sumber: Al-Jazeera News

Tags

Terkini

X